Popular Post

Posted by : Panji Maulana Putra Sunday, November 5, 2017


Class Scanner digunakan secara ekstensif untuk memasukan data dari keyboard. Tidak seperti perintah masukan lainnya, data-data yang dimasukan misalnya berupa angka, tidak perlu dilakukan konversi dari string ke integer atau tipe data lainnya. Untuk menggunakan Class Scanner, harus menyertakan package java.util.Scanner

Deklarasi umum penggunaan kelas scanner adalah sebagai berikut:
Scanner BacaInput = new Scanner(System.in);
  • BacaInput adalah suatu variabel bertipe Scanner
  • new Scanner(System.in) : menciptakan suatu objek bertipe Scanner
Kelas Scanner berada pada paket java.util, maka anda harus mengimpornya terlebih dahulu pada baris sebelum deklarasi class dengan sintaks:
import java.util.Scanner;
Metode-metode Untuk Objek Scanner
Metode Penjelasan
nextByte() Membaca suatu integer bertipe byte
nextShort() Membaca suatu integer bertipe short
nextInt() Membaca suatu integer bertipe Int
nextLong() Membaca suatu integer bertipe long
nextFloat() Membaca suatu angka pecahan bertipe float
nextDouble() Membaca suatu angka pecahan bertipe double
next() Membaca suatu string yang berakhir dengan karakter spasi
nextLine() Membaca sebaris teks (suatu string yang berakhir dengan enter)


Berikut adalah contoh program menentukan angka ganjil genap menggunakan scanner


LOGIKA PROGRAM
import java.util.scanner;
digunakan untuk memanggil library scanner agar dapat digunakan inputan menggunakan scanner.

public class ganjil{
    public static void main(String[]args) {
dibuat sebuah class bernama ganjil, lalu dibuat main methodnya seperti diatas.

Scanner masukan = new Scanner (System.in);
        int nilai;
lalu dibuat objek baru yang digunakan untuk memanggil scanner nya yaitu masukan.
nilai dideklarasi sebagai integer.

System.out.println("Masukan Angka : ");
        nilai = masukan.nextInt();
program akan meminta masukan angka, lalu disimpan ke variabel nilai yang tadi sudah dideklarasi. dan digunakan objek masukan dan nextint(); untuk memasukan suatu nilai integer.

if(nilai % 2 == 1){
   System.out.println(nilai + " adalah bilangan ganjil");
lalu diberi kondisi percabangan , jika variabel nilai tadi modulus 2 nya adalah 1 maka akan tercetak bilangan ganjil

else {
   System.out.println(nilai + " adalah bilangan genap");
kondisi lainnya jika tidak emmenuhi kondisi pertama akan masuk ke kondisi ini , dan tercetak bilangan genap.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Panjiologi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -