Popular Post

Posted by : Panji Maulana Putra Monday, October 9, 2017

Hasil gambar untuk jurassic park 
Pasti kalian sudah tidak asing dengan film diatas ? iya, Jurassic Park pernah menjadi film terpopuler pada tahun 2000an karna memiliki grafis CGI yang memukau pada masanya. Film Jurassic Park ini menampilkan dinosaurus sebagai latar cerita utama, dalam film ini hewan purbakala yang telah punah dihidupkan kembali, meski hanya dalam bentuk visual effect. Visual effect dinosaurus yang ditampilkan pun terlihat cukup nyata, dan banyak menuai pujian mengingat pada tahun 1993, teknologi yang ada masih belum begitu mumpuni seperti saat ini.

Tapi apa itu CGI, dan bagaimana cara penggunaannya di film?Cara termudah untuk menjelaskan grafis komputer adalah dengan memikirkan animasi buatan tangan yang terdiri dari serangkaian gambar atau foto untuk menciptakan gerakan ilusi. Demikian pula, banyak animasi CGI di film melibatkan serangkaian gambar atau rendering di layar komputer. Ini digunakan untuk menciptakan ilusi yang sama untuk membuat sesuatu terlihat realistis.

Tahapan CGI
Di sini Williams sang animator memberitahu langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat dinosaurus dari kertas bisa dicitrakan ke layar lebar di CGI.

1. Mereka mulai dengan desain dan tiruan yang diadaptasi dari berbagai dinosaurus.
Produksi menggunakan CGI untuk velociraptors, brachiosaurus, dan tyrannosaurus rex, yang pertama dikerjakan Williams yaitu sketsa nya dan karakteristiknya.
T Rex joint image 

2. Selanjutnya, rendering diperlukan untuk memasukan gambar ke komputer.

Mereka memindai model, termasuk yang untuk T. rex dan velociraptor, ke dalam komputer. Menurut FXGuide, Williams mengambil model Trex setinggi 5 kaki yang dibuat oleh Stan Winston untuk dipindai.

"Untuk memasukkannya ke komputer, kami benar-benar menyalakan laser pada model tiga dimensi karet prostetik dan mengekstrak data sehingga komputer melakukannya dari dasar" kata Williams.
Williams menjelaskan itu seperti kebalikan dari pencetakan 3-D dengan mereka mengambil objek dan mengubahnya menjadi data.
trex stan winston, jurassic park 
3. Mereka kemudian merekonstruksi data agar bisa bekerja di komputer. 
Ini adalah dua gambar data T. rex dari monitor Williams menggunakan perangkat lunak bernama Alias.
dinosaur t rex Jurassic Park
t rex dinosaur 

4. Software animasi yang bernama SoftImage 3D digunakan untuk mengetahui titik penempatan  pada dinosaurus.

jurassic park softimage 
Di sini, Anda bisa melihat salah satu Brachiosaurus di awal film ini.
jurassic park softimage 

5. Setelah itu, datanya harus "dimanipulasi" dengan digital armature di wireframes.

Ini adalah kerangka dari dinosaurus yang membantu memberikan struktur dan memungkinkannya berdiri, bergerak, dan berlari.

"Ini adalah kali pertama yang saya membuat animasi untuk film ini setelah saya membangun semua data T. rex," kata Williams. "Butuh waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan hak ini dengan benar, tapi begitu selesai, kami menggunakan kembali data yang ada untuk sisa pengambilan jip-kejaran dan akhirnya untuk dua film 'Jurassic Park' berikutnya."

6. Selanjutnya, dinosaurus diberikan kulit.

"Kami menggunakan program yang disebut Viewpaint, yang memungkinkan kami untuk benar-benar menggambar tekstur kulit di komputer, jadi sekarang kami memiliki konsep bertekstur ini," kata Williams.

7. Untuk memasukkan semua gambar terpisah bersama-sama, mereka harus dirender dengan komputer grafis masif (massive graphics computers.).

"Sekarang kita mengganti data mesh beresolusi tinggi ini menjadi bingkai kawat beresolusi rendah. Itu semua dilakukan di komputer," kata Williams. "Cukup memakan waktu 10 jam untuk menghitung satu frame, Anda harus ingat film 24 frame per detik, jadi akan duduk di sana dan siang hari."

Williams membangun dan menganimasikan gambar di bawah T. rex pertama yang diberikan sepenuhnya. Video inilah yang meyakinkan produser Kathleen Kennedy dan Steven Spielberg bahwa "Jurassic Park" harus dibuat di CGI daripada stop motion.

Williams juga mengabadikan semua gambar dalam urutan Jeep-chase T. rex yang terkenal. Dia mengatakan setiap frame dalam keseluruhan urutan memakan waktu sekitar 12 jam untuk dirender.
Titik dimana T. rex menerobos kayu sepanjang 75 frame.

"Saya menganimasikan semua shot di mana T. rex mengejar jip itu. Butuh waktu empat bulan untuk menganimasikannya, agar berjalan dan bisa berjalan dengan baik," kata Williams. 

8. Dari sana, dinosaurus perlu dimasukkan ke dalam adegan melalui proses yang disebut compositing.
Di sinilah semua potongan teka-teki itu digabungkan. Tembakan CGI digabungkan bersamaan dengan shot langsung dan bayangan latar belakang dan latar depan disebut sebagai fotografi piring (plate photography).

Dalam kasus ini, shot aktor live dikombinasikan dengan pemotretan fotografi di karya Kauai dan ILM pada brachiosaurus dan burung.
 

beginilah shot akhirnya
jurassic park composite with dinosaurs 

 9. Setelah disatukan, gambar diperiksa untuk memastikan keberhasilannya. Bila semuanya terlihat bagus, scene akan di filmkan.
Gambar akhir ditinjau pada proyektor bertingkat tinggi sebelum diterjemahkan ke film.
bersama-sama, Williams mengatakan butuh waktu sekitar satu tahun untuk menganimasikan dinosaurus.

"Pada dasarnya bulan Mei '92 sampai Mei '93 adalah keseluruhan waktu pembuatan dan komposit untuk kemungkinan 40 tembakan," kata Williams.
Setelah $ 1 miliar di box office, Anda tidak bisa membantah hasilnya.

 
  
beginilah dibalik proses pembuatannya

 


sumber : http://www.businessinsider.com/how-cgi-works-in-jurassic-park-2014-7/?IR=T

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Panjiologi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -