Popular Post

Posted by : Panji Maulana Putra Tuesday, July 28, 2020

Proses Distribusi Multi Media

  • Representation Medium
    Representation media ditentukan oleh pengembang berupa informasi MM 
  • Storage Medium
    Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi 
  • Transmission Medium
    Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu 
  • Presentation Medium
    Tool dan device yang digunakan untuk proses output Informasi.

Distribusi multimedia : 

Offline (Sistem Multimedia Stand Alone):
  • Installation / kiosk
  • CDROM / software download
Online (Sistem Multimedia Berbasis Jaringan) :
  • KIOSK melalui jaringan komputer 
  • Video Conferencing 
  • Digital TV
  • Internet Protocol Based Television (IPTV)
  • Internet Radio 
  • Application Store

Information Kiosk

KIOSK adalah sebuah terminal berbasis komputer yang digunakan untuk memberikan informasi atau jasa, biasanya di tempat umum.
Sistem Kiosk digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk direktori informasi, self-service terminal, katalog elektronik, terminal akses internet, panduan wisata, dan banyak lagi.

Aplikasi CD Interaktif

  • Interactive Company Profile
  • Electronic Encyclopedia
  • Electronic Book (eBook) 
  • Electronic Magazine (eMagazine)
  • Product Catalog
  • Interactive Video CD-ROM
  • Marketing CD-ROM
  • Portfolio / Business CD

Computer Assisted Instruction (CAI) dan istilah

  • Computer Assisted Instruction (CAI)
  • Computer Assisted Learning (CAL)
  • Computer Based Training (CBT)
  • Computer Based Teaching (CBT)
  • Intelligent Tutoring Systems (ITS)
  • Computer Based Education (CBE)
  • Web Based Training (WBT)

Pengertian CAI

Computer Assisted Instruction adalah sebuah sistem pengajaran pendidikan yang dilakukan hampir seluruhnya oleh komputer.

Fungsi-fungsi CIA :

  • Menilai kemampuan siswa dengan pre-test
  • Menyajikan materipendidikan dalam bentuk navigasi
  • Memberikan latihanberulang-ulang untuk meningkatkan pengetahuan siswa 
  • Memberikan latihan gameberbasis belajar untuk meningkatkan kenyamanan
  • Menilai kemajuan siswa denganpost-test
  • Merekam skor dan kemajuan siswa untuk kemudian diperiksa oleh instruktur kursus 

Jenis CAI

  • Latihan
  • Pembelajaran
  • Permainan
  • Simulasi
  • Tutorial 

Keuntungan Penggunaan CAI

  • Menghemat waktu latihan
  • Kualitas pengguna dapat terus meningkat 
  • Dapat disesuikan dengan standar kurikulum
  • Mudah dimodifikasi dan diperbaharui

Distribusi ONLINE

Karakteristik Data Multimedia

Difokuskan pada continous media (video dan audio)
Memiliki karakteristik:
  • Voluminous yaitu Membutuhkan data rate tinggi dan berukuran besar
  • Real-time and Interactive yaitu Membutuhkan low delay dan Membutuhkan sinkronisasi dan interaktif

On-Demand Files

  • File media ditaruh diserver
  • Dapat diunduh (download) kapan saja
  • Banyak orang secara bersamaan dapat mengunduh file yang sama (distance learning)
  • Lebih rendah pemakaian bandwidthnya daripada live broadcast
  • proses download dapat ditunda
  • paket data yang dikirim dapat diperkecil 

Live Broadcasting

  • Merekam peristiwa saat itu juga, kemudian meng-encode filenya =stream file
  • Mengirimkan stream file tersebut ke server
  • Server akan mem-broadcast stream file ke connected user
  • Membutuhkan lebih banyak transfer rate daripada on-demand file
  • proses download tidak dapat ditunda
  • paket data tidak dapat diperkecil 

Penerapan contoh Live Broadcasting 

  • Video and Audio Streaming (Youtube)
  • Video Conferencing (Video Call)
  • Internet Protocol Based Television (IPTV)
  • Digital TV (Internet TV)
  • Internet Radio 

Pengantar Stream Media

Saat ini sangat mudah menemukan website yang menyertakan file streaming media Contohnya : Internet radio station, movie trailers, music strore (sample music), dan distance learning application
Kelemahan: Pada awalnya Internet tidak didesain untuk mentranfer media, tetapi sekarang banyak konten website berisi file multimedia

Pada awalnya:
  • Untuk koneksi dengan kecepatan (14.4 Kbps modem) hanya untuk mendengar suara dengan low-quality 
  • Untuk mendapatkan suara kualitas CD harus menunggu selama 2 jam (sangat tidak efisien) 
  • Problem utamanya adalah pengguna harus menunggu sampai semua file disimpan di hard drive sebelum bisa dimainkan 
  • Pendengar tidak bisa memutar lagu bersamaan ketika lagu tersebut sedang didownload 
  • ini disebabkan karena keterbatasan protokol HTTP 
  • Browser tidak men-support play-back audio files
  • Aplikasi di luar browser (audio player) tidak dapat langsung memainkan-nya, harus menunggu sampai browser selesai mendownload
  • Lama kelamaan file yang dipertukarkan dalam jaringan Internet menjadi semakin besar
  • Traffic-nya meningkat dan menjadi sangat padat
  • Memaksa orang untuk menunggu lama untuk mendownload dan mengirim file
  • www = “World Wide Wait....” 

Konsep Dasar Stream Media

  • Streaming menawarkan pendekatan baru untuk file multimedia di Internet
  • User tidak perlu menunggu sampai file selesai semua di download baru bisa dimainkan 
  • Streaming Media dapat dimainkan ketika file media sedang ditransfer
  • Data yang ditransfer melalui Internet dimainkan kemudian dibuang (flush)
  • Streaming media juga menawarkan user control pada saat streaming ketika file dimainkan (interaktif), hal yang tidak mungkin dilakukan dengan Web Server biasa 
Pengiriman Data secara Live Broadcast -> Streaming Media
Dalam Streaming multimedia, data ditransmisikan berdasarkan waktu sehingga terjadi pertukaran informasi pada saat yang hampir bersamaan.

 Sistem Streaming Media Digital

  • Proses capture suatu peristiwa (informasi)
  • Informasi dibagi menjadi beberapa paket data 
  • Paket-paket dikirimkan melalui jaringan
  • Paket-paket diterima 
  • Paket-paket disusun ulang
  • Informasi disajikan 
Streaming media adalah suatu teknologi yang mampu mengirimkan file multimedia digital secara on-demand (sesuai permintaan) maupun live broadcast pada jaringan Internet.

Ukuran paket

Strongly Regular Stream
  • Ukuran paket konstan 
  • Contoh : uncompressed audio/video stream 
 Weakly Regular Stream
  • Ukuran paket data berubah secara periodik 
  • Contoh : MPEG 
Irregular Data Stream
  • Ukuran paket data tidak tentu 

Kelebihan Kukurangan Download vs. Streaming 

Download:

  • Download dan simpan file dalam HD sehingga dapat dinikmati pada saat offline.
  • File dapat dengan mudah dicopy
  • Tidak bisa real-time
  • waktu download lama baru file bisa dimainkan
  • Rawan pembajakan (piracy) tidak ada copyright protection 

Streaming:

  • Click langsung segera dimainkan
  • Mendukung live broadcast karena real time
  • Mendukung User Interactivity pada saat steaming
  • Mendukung Copyright protection
  • Hanya dapat dilihat pada saat online
  • File dihapus setelah dimainkan (tidak dapat dimainkan kembali secara offline?) 

Stream Media (SM) System Components

SM dapat dibentuk dari beberapa software yang berkomunikasi pada level yang berbeda.
Basic streaming media system terdiri dari tiga component :
  • Encoder: Software yang mengkonversi file multimedia ke format yang dapat di stream-kan
  • Server: Software yang mengirimkan stream kepada user member.
  • Player: Software yang digunakan untuk menjalankan streaming media
 Ketiganya berkomunikasi menggunakan protokol internet khusus

Streaming Media Process

  • Creation: Membuat audio/video content yang akan di stream
  • Encoding: Mengkonversi raw file menjadi format yang dapat di stream
  • Authoring: Men-designbagaimana media akan disajikan
  • Serving: Meletakan files pada server dan mem-publish-nya di Internet

Encoder

Sebelum file multimedia dapat dimainkan pada streaming media, raw media harus dikonversi ke format yang dapat di streaming-kan melalui Internet Dilakukan dengan streaming media encoder, prosesnya bernama encoding. Encoding juga melibatkan proses mengurangi jumlah data (mengurangi jumlah file) / kompresi sehingga ringan & kecil untuk streaming melalui Internet

Server

Segera setelah file di encoding, file ditaruh dalam SM server. SM server hampir sama dengan Web server yang bisa menghandle request dari multiple client:
  • Setelah Web server mengirimkan file ke browser, koneksi antara Web server dan browser terputus
  • SM server, menggunakan two-way connection 

Protocol

Pada level yang paling bawah, anda harus mempunyai metode untuk mengirimkan SM file melalui Internet dan bagaimana server dan player dapat berkomunikasi.HTTP, standar protokol untuk deliver web pages tidak cocok untuk SM.Untuk SM ada protokol yang ada tetapi belum distandarkan
  • Apple QuickTime dan Real System menggunakan RTSP (Real Time Streaming Protokol)
  • Microsoft menggunakan MMS (Microsoft Media Services) 

Codecs

Setelah SM data di unpacked dan disusun kembali, SM player harus decode data multimedia sebelum dimainkan (Decoder).Ini dilakukan oleh aplikasi kecil (library) -> codec. Tentu saja perubahan ukuran file akan mempengaruhi kualitasnya juga.

Player

Software yang dapat berkomunikasi dengan SM server, dan dapat memainkan file SM.Dapat berupa stand-alone application atau plugin yang ada di web browser.Menawarkan interactive control saat stream seperti (pause, play, fast-forward, dan lainnya)

Streaming Protocol

  • RSVP (Resource Reservation Protocol) digunakan untuk me-reserve bandwith sehingga data dapat tiba ditujuan dengan cepat dan tepat.
  • SMRP (Simple Multicast Routing Protocol) Protocol yang mendukung "conferencing" dengan menggandakan(multiplying) data pada sekelompok user penerima.
  • RTSP (Real-Time Streaming Protocol)◦digunaka noleh program streaming multimedia untuk mengatur pengiriman data secara real-time.
  • RTP (Real Time Transport Protocol) suatu standard untuk mengirimkan data multimedia secara real-time.
  • RTCP (Real-Time Control Protocol) Protocol QoS (Quality of Service) untuk menjamin kualitas streaming.

QUALITY OF SERVICE (QoS)

Beberapa parameter QoS:
  • Data Rate: ukuran kecapatan transmisi data, satuannya kbps or Mbps
  • Latency (maximum packet delay) : waktu maksimum yang dibutuhkan dari transmisi ke penerimaan yang diukur dengan satuan milidetik
  • Packet Loss / Error (bit loss) : ukuran error rate dari transmisi packet data yang diukur dalam persen. Hilang dikarenakan buffer yang terbatas\
  • Jitter : ukuran delay penerimaan paket yang melambangkan smoothness dari audio/video playback. 
Hal–Hal yang perlu diperhatikan
  • Bandwith: User Internet Connection , Server Internet Connection , Data Center Internal Network , Memperkirakan kebutuhan bandwith pada saat peak
  • Platform/ SO:
  • Hardware:

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © Panjiologi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -