Popular Post

Posted by : Panji Maulana Putra Wednesday, October 16, 2019


Sebelum memulai instalasi saya akan menjelaskan sedikit tentang FTP. Apa sih FTP itu? FTP  singkatan dari File Transfer Protocol adalah protokol internet yang berguna untuk tukar-menukar data antara client dan server dalam 1 jaringan. Sebelum melakukan pengiriman data akan dibuatkan sesi komunikasi terlebih dahulu oleh FTP dengan menggunakan protokol TCP. FTP server berperan sebagai komputer yang menerima request tukar – menukar data dari client. FTP client berperan sebagai komputer yang me-request kepada FTP server untuk tukar – menukar data.

Kali ini saya akan mencoba untuk melakukan instalasi FTP Server dengan menggunakan FileZilla Server pada OS windows 10. Untuk melakukan instalasinya pertama pergi ke official website filezilla https://filezilla-project.org/ untuk mengunduh file yang akan diinstall


Lalu setelah melakukan pengunduhan, saya install filezilla server versi beta 0.9.60 pada PC windows 10. Maka akan muncul wizard berikut. Klik “I agree” untuk melanjutkan proses instalasi.


Setelah itu akan muncul komponen yang akan diinstall, lihat gambar untuk lebih jelasnya. Lalu klik next.

Untuk langkah selanjutnya, pilih folder untuk penympanan file. Disini saya biarkan default seperti gambar. Klik next.
.
Untuk pemilihan startup, pilih default sistem yaitu “Install as service, started with windows”. Untuk port yang digunakan isi dengan 14147 dan centang untuk “start server after setup completes”. Lalu klik next.


Setelah itu pilih default setting yaitu “start if user logs on, apply to all users” dan centang pada “start interface after setup completes”. Lalu klik install.

Setelah itu tunggu hingga instalasi selesai, jika sudah selesai klik close


Maka secara otomatis akan muncul aplikasi filezilla yang akan meminta host, port dan password.
Untu host isi dengan localhost, port : 14147 dan password sesuai keinginan . disini saya menggunakan password “123456”. Lalu klik connect untuk menghubungkan.


Ketika sudah connect, atur pengguna yang dapat mengakses dengan cara ke menu edit > users maka akan muncul tampilan berikut. Pilih general lalu add untuk menambah user baru, disini saya beri nama “pengguna” lalu ok.


Selanjutnya pergi ke shared folders untuk menentukan folder tempat untuk berbagi ke user “pengguna”, disini saya menggunakan folder “shared folder vmware” yang terletak di drive C. Lalu pilih priviledge user “pengguna” , disini saya buat user dapat melakukan “read” , “write” dan “delete”. Jika sudah klik ok.


Setelah selesai membuat akun pengguna, saatnya membuat akun admin. Caranya sama seperti membuat akun pengguna hanya saja admin memiliki seluruh priviledge dengan mencetang semua hak akses. Jika sudah kik ok.


Jika error, maka setting terlebih dahulu passive mode dengan mengisi rentang dari 50000 – 51000 seperti gambar.


Jika sudah selesai nyalakan server pada filezilla lalu akses server sebagai pengguna dengan browser (dalam hal ini saya menggunakan mozilla) dengan mengetik alamat ftp://ipserverkamu/ Maka browser akan meminta nama pengguna dan password (jika tidak isi password maka kosongkan). Jika berhasil login maka akan muncul isi dari folder yang sudah di share tadi. Pengguna hanya akan dapat melakukan hak akses sesuai yang telah di berikan kepadanya pada proses sebelumnya.



 


{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

- Copyright © Panjiologi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -