Popular Post

Posted by : Panji Maulana Putra Sunday, October 20, 2019

1. BISNIS INFORMATIKA

 
Ilustrasi Bisnis [https://www.dw.com]

1.1. DEFINISI BISNIS

  • Dalam ilmu ekonomi, secara umum bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya. 
  • Menurut Griffin dan ebert (1996),  "Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people". Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. 
  • Menurut Musselman dan Jackson (1992),  Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pemiagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.[1]

1.2. JENIS-JENIS BISNIS

Jika ditinjau dari motifnya, bisnis dapat dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yaitu[1]:
  • Bisnis yang berorientasi keuntungan (profit oriented atau profit motive).
    Contoh: perusahaan perorangan, CV, Finna, PT, dsb. 
  • Bisnis yang tidak berorientasi keuntungan atau nirlaba (non profit oriented atau non profit motive).
    Contoh: yayasan, organisasi sosial, lembaga swadaya masyarakat, dan sebagainya.
     
Jika ditinjau dari jenis kegiatannya, bisnis dapat dibedakan menjadi 4 (empat) jenis, yaitu[1]:
  • Bisnis Ekstraktif
    Bisnis ekstraktif adalah bisnis yang bergerak dalam jenis kegiatan pertambangan atau menggali bahan-bahan tambang yang terkandung di dalam perut bumi. Contohnya: pabrik semen, timah, nikel, dan lain-lain.
  • Bisnis Agraris
    Bisnis Agraris adalah bisnis yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, dan kehutanan.
  • Bisnis Industri
    Bisnis industri adalah bisnis yang bergerak di bidang industri manufaktur, misalnya industri tekstil, garmen, mesin, dan lain-lain.
  • Bisnis Jasa
    Bisnis jasa adalah bisnis yang bergerak di bidang jasa yang menghasilkan produk-produk tidak berwujud, seperti jasa perbankan, kecantikan, dll.

1.3. TUJUAN BISNIS

Tujuan bisnis dalam suatu perusahaan dapat dilihat dari berbagai macam kepentingan, baik owner, pesaing, supplier, karyawan, konsumen, masyarakat umum, maupun pemerintah. Pada umumnya tujuan bisnis didirikan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan bisnis didirikan meliputi [1] :
  • Profit, 
  • Pengadaan barang atau jasa, 
  • Kesejahteraan bagi pemilik faktor produksi dan masyarakat, 
  • Full employment, 
  • Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang (waktu yang lama),
  • Kemajuan dan pertumbuhan, 
  • Prestise dan prestasi. 

1.4. MANFAAT BISNIS

Manfaat paling utama dalam bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan khususnya dalam bentuk uang. Berikut manfaat bisnis lainnya[1] :
  1. Memperoleh Penghargaan/Pengakuan Penghargaan ataupun pengakuan dapat diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif kepada masyarakat akan memberikan anda pengakuan positif dari masyakat itu sendiri.
  2. Kesempatan Untuk Menjadi Bos bagi diri sendiri
    Kapan lagi anda dapat menjadi bos untuk diri sendiri kalau bukan di bisnis yang anda rintis dan bust sendiri. Dengan berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis anda. Besar kecilnya bisnis anda ditentukan oleh kemampuan anda menjadi bos.
  3. Menggaji diri sendiri
    anda dapat menentukan penghasilan anda sendiri. Itulah manfaat membangun bisnis anda. Jumlah penghasilan dan juga sumber penghasilan anda, anda yang tentukan.
  4. Atur Waktu Anda Sendiri
    Jam kerja anda, anda yang atur. ltulah manfaat berbisnis yang keren. Bila anda jadi PNS, jam kerja anda haruslah sesuai dengan permintaan pemerintah. Bila anda menjadi pebisnis, jam kerja menjadi Iebih fleksibel. Bila anda Iebih ingin bersantai, dengan penghasilan bisnis yang naik, anda dapat merekrut pegawai untuk menggantikan anda.
  5. Masa Depan yang Lebih cerah
    Masa depan anda, bisa dikatakan anda yang atur, semakin anda gigih dan semangat berbisnis, anda akan memiliki masa depan yang Iebih cerah.

2. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

2.1. DEFINISI TIK

Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik. 
Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanya.
Jadi dapat di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya. [2]

2.2. MANFAAT TIK

Keberadaan teknologi informasi dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Artinya, teknologi informasi dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi kehidupan manusia. Pada saat kita menggunakan telepon, menonton televisi, mendengarkan radio, mengerjakan tugas dengan komputer, dan menggunakan fasilitas internet, manfaat apa yang kita rasakan? Tentu saja masalah menjadi lebih mudah diatasi.
Informasi dari belahan dunia dapat diterima dengan cepat dan mudah melalui televisi, radio, surat kabar, majalah, atau internet. Untuk menghubungi orang lain yang berada di suatu tempat yang jauh menjadi lebih mudah dan cepat dengan menggunakan telepon, handphone, atau e-mail.
Teknologi informasi dapat menjadi sebuah alat yang efektif dalam mengatasi kemiskinan dunia untuk mencapai sasaran utama dari pembangunan, yaitu kemiskinan, jaminan kesehatan, dan pendidikan yang lebih efektif dari sebelumnya. Dengan perkembangan teknologi informasi, batas-batas negara menjadi hilang, demikian pula antara pendidikan, bisnis, media sehingga berdampak pada aspek kehidupan, perdagangan, hiburan, pemerintahan, pola kerja, dan pola produksi. Semua ini tidak lepas dari dampak teknologi informasi.[3]

2.3. PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA

Dewasa ini perkembangan bisnis informatika di Indonesia sangat berkembang pesat dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya. Mungkin hal ini terjadi karena berkembangnya juga teknologi internet di Indonesia dan ditambah dengan pengguna internet yang mengakses dari gadgetnya masing -masing. Karena perkembangan inilah yang membuat bisnis informatika ramai dilakukan di Indonesia. Dari yang menjual barang hingga jasa, mereka tawarkan di internet.[4]

Istilah unicorn sangat erat kaitannya dengan startup atau perusahaan rintisan di bidang bisnis informatika. Istilah ini berarti startup yang telah memiliki valuasi sebesar USD 1 miliar.  Di Indonesia sendiri telah ada empat startup yang menyandang status unicorn yaitu Go-Jek, Bukalapak, Traveloka, dan Tokopedia. Berdasarkan data CB Insights, per Januari 2019 telah ada lebih dari 300 startup unicorn di seluruh dunia dengan total valuasi sekitar USD 1.074 miliar. 

Dari lebih dari 300 startup unicorn yang ada di dunia, ada 15 startup unicorn yang telah naik tingkat menjadi decacorn (Startup yang telah mencapai tingkat decacorn berarti telah memiliki valuasi sebesar USD 10 miliar). Startup decacorn yang ada di dunia didominasi oleh startup dari Amerika Serikat.  Untuk startup dari Indonesia, sudah ada satu startup yang siap menjadi startup decacorn, yaitu Go-Jek. Dengan pendanaan terbarunya dari Google, Tencent dan JD.com, valuasi Go-Jek saat ini mencapai USD 9,5 miliar.[5]

3. PROFIL PERUSAHAAN IT

RUANG GURU

 
Ruang Guru Squad [https://ruangguru.com/


PT. RUANG RAYA INDONESIA
 
Pendiri : Belva Davara dan Iman Usman
Alamat : Gedung Graha Sapta Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 22, Jakarta Selatan Jakarta, DKI Jakarta 12820 Indonesia 
Website : https://ruangguru.com/
Jenis : Perseroan Tertutup (PT)
Estimasi Karyawan : 51-200 karyawan
Tahun Berdiri : 2014
Spesialisasi : E-Learning, Technology, Education 
Valuasi : Lebih dari US$ 100 juta

lebih dari US$ 100 juta.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Adu Cepat Dua Startup Menjadi Unicorn" , https://katadata.co.id/infografik/2019/10/18/adu-cepat-dua-startup-menjadi-unicorn#
Penulis: Andrea Lidwina
Editor: Aria W. Yudhistira
US$ 100 juta.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Adu Cepat Dua Startup Menjadi Unicorn" , https://katadata.co.id/infografik/2019/10/18/adu-cepat-dua-startup-menjadi-unicorn#
Penulis: Andrea Lidwina
Editor: Aria W. Yudhistira
US$ 100 juta.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Adu Cepat Dua Startup Menjadi Unicorn" , https://katadata.co.id/infografik/2019/10/18/adu-cepat-dua-startup-menjadi-unicorn#
Penulis: Andrea Lidwina
Editor: Aria W. Yudhistira 





 PT RUANG RAYA INDONESIA ("Ruangguru") adalah perseroan terbatas yang bergerak di bidang pendidikan non formal yang didirikan menurut dan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia serta telah memperoleh Izin Pendirian Satuan Pendidikan Non Formal dan Izin Operasional Lembaga Kursus Pelatihan dengan Nomor 3/A.5a/31.74.01/-1.851.332/2018.

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.

Ruangguru berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS). Tahun lalu, Ruangguru berhasil bekerja sama dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Selain itu, Ruangguru juga menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les privat, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan lain-lain.[6]

VISI DAN MISI
Ruangguru bukan hanya hadir sebagai sebuah bisnis, tetapi juga kami bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan tambahan penghasilan bagi guru di Indonesia. Ruangguru percaya, dengan meningkatnya kualitas guru, maka mutu pendidikan di Indonesia juga akan menjadi lebih baik.

Ruangguru juga percaya bahwa teknologi dapat membantu siswa, guru, dan orang tua untuk menjalankan aktivitasnya menjadi lebih efektif dan efisien. Untuk itu, kami bertekad untuk terus mengembangkan layanan-layanan lainnya serta berkolaborasi dengan berbagai pihak guna mencapai tujuan ini.

PENGHARGAAN
Sebagai salah satu startup teknologi dan pendidikan terbesar di Indonesia, Ruangguru telah dinobatkan menjadi penerima beragam penghargaan. [7]
 
Berbagai Penghargaan RuangGuru [https://ruangguru.com/]

"Website Pendidikan Terbaik Indonesia" pada Bubu Awards 2015
"Innovation to Watch" pada Tsinghua UNICEF Youth Innovation Forum 2015
"Honnorable Mention" pada Kaizen & INSEAD & NYU Stern Education Symposium 2016
"Indonesia's Best Social Enterprise of The Year" pada ASEAN Rice Bowl Startup Awards 2016
"Awardee" pada Google Launchpad Accelerator 2016 [7]


PENDAPATAN

StartUp RuangGuru VS Halodoc [8]

REFERENSI

[1]  Kamaluddin, Apiaty dan Patta Rapanna. 2017. Administrasi Bisnis. Makassar: CV Sah Media.

[2] Affandi, Muhajir. 2018.Teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan. Kuningan : Penerbit YNHW.

[3] Sobri, Muhammad dkk. Pengantar Teknologi Informasi - Konsep dan Teori.Yogyakarta: Penerbit Andi.

[4] Kristianto, Agus.2013. Perkembangan Bisnis Online di Indonesia. Diakses pada 18 Oktober 2019, dari : https://www.kompasiana.com/aguskristianto/5528e610f17e61221a8b45ab/perkembangan-bisnis-online-di-indonesia

 [5] Putri, Virgina Maulita. 2019. (Startup) Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn, Apa Bedanya?. Diakses pada 18 Oktober 2019, dari : https://inet.detik.com/cyberlife/d-4432714/startup-unicorn-decacorn-dan-hectocorn-apa-bedanya

[6] RuangGuru. 2019. Tentang Ruangguru. Diakses pada 20 Oktober 2019, dari : https://ruangguru.com/general/about 

 [7] RuangGuru. 2016. Apa Itu Ruangguru?. Diakses pada 20 Oktober 2019, dari: https://blog.ruangguru.com/apa-itu-ruangguru-com


[8] Lidwina, Andrea. 2019. Adu Cepat Dua StartUp Menjadi Unicorn. Diakses pada 20 Oktober 2019, dari : https://katadata.co.id/infografik/2019/10/18/adu-cepat-dua-startup-menjadi-unicorn#
Andrea Lidwina

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Adu Cepat Dua Startup Menjadi Unicorn" , https://katadata.co.id/infografik/2019/10/18/adu-cepat-dua-startup-menjadi-unicorn#
Penulis: Andrea Lidwina
Editor: Aria W. Yudhistihttps://katadata.co.id/infografik/2019/10/18/adu-cepat-dua-startup-menjadi-unicorn#

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

- Copyright © Panjiologi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -