Popular Post

Posted by : Panji Maulana Putra Tuesday, March 6, 2018


FACEBOOK
Analisis:
Untuk mencari tahu bahwa facebook sudah termasuk web semantik atau tidak , kita harus mengecek apakah  sudah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Konsep Web Semantik yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software.
Facebook sendiri sudah support hampir seluruh bahasa di dunia hampir sekitar 113 bahasa, jadi facebook tidak hanya mengerti bahasa inggris tetapi bahasa bahasa lain yang digunakan di dunia demi mempermudah penggunanya dalam berinteraksi.

  • Pencarian dalam bahasa pengguna
Di facebook , kita sebagai user dapat mencari dikolom pencarian menggunakan bahasa kita sendiri . misalkan kita mencari suatu komunitas ataupun mencari suatu halaman , maka kita tidak perlu menterjemahkan kedalam bahasa inggris, cukup dengan bahasa indonesia maka facebook akan mencari sesuai literal yang kita ketik.

  • Adanya komunikasi antara pengguna/user dengan mesin pencari
Pencarian pada kolom facebook juga sudah mengenal suatu koreksi penulisan jika kita salah melakukan pengetikan maka akan muncul suatu koreksi misalkan kita mengetik "Jual Beliikan" maka mesin pencari facebook akan memunculkan notifikasi "Menampilkan untuk hasil pencarian Jual Beli Ikan". ataupun jika kita mencari sesuatu yang tidak ada difacebook (misalkan kombinasi huruf dan angka acak" maka mesin pencari akan memunculkan notifikasi "Kami tidak dapat menemukan hasil ,Mencari orang atau kiriman? Coba masukkan nama, lokasi, atau kata yang berbeda."

  • Memiliki ciri umum seperti suggest, happen dan provide
Setelah update update yang berkelanjutan , facebook menjadi semantik web yang luar biasa. Facebook juga sudah dapat menampilkan suggest pada penggunanya, suggest disini diambil berdasarkan banyaknya mutual friends yang dimiliki oleh seorang pengguna, suggest tersebut akan muncul di suatu bilah dimana tempat mutual friends ditampilkan.  Facebook juga dijadikan suatu forum bagi masyarakat yang memiliki persamaan baik bidang pekerjaan ataupun hobi bahkan facebook juga bisa menjadi tempat para fans mengetahui aktivitas sekaligus berinteraksi dengan idolanya . Facebook juga menyediakan berbagai macam keperluan seperti tempat jual beli barang , jasa , tempat sharing ilmu , games dan ketersediaan jasa-jasa lain.

  • Dapat diakses melalui banyak perangkat
Facebook menyediakan banyak platform untuk digunakan oleh penggunanya. mulai dari facebook berbasis web, berbasis android yang dapat didownload diplaystore, berbasis IOS dan sebagainya.
 tampilan web desktop


 tampilan lite di android


  • Menerapkan sistem Artificial Intelegence.
Facebook bukan lagi hanya sebatas tempat chatting, namun sudah menerapkan sistem AI. facebook dapat meramalkan cuaca sesuai lokasi user dengan menganalisa suhu dan cuaca pada saat itu. facebook juga dapat memberi tahu lokasi kita saat ini dan menginformasikan tempat persinggahan yang baik maupun lokasi titik macet yang dapat dianalisa melalui maps. facebook juga dapat mengingatkan kita tentang peristiwa peristiwa penting dari ulang tahun , acara yang akan datang dan sebagainya.
Facebook juga dapat mengenali wajah pada foto berdasarkan tag sebelumnya, facebook akan otomatis memberi suggest untuk tag orang-orang yang sudah dikenali.


Kekurangan
  1. Facebook masih banyak disalah gunakan karna diberikannya kebebasan bagi para penggunanya . banyak kasus-kasus yang dimulai melalui facebook seperti penculikan dsb
  2. Facebook memang melarang adanya pelanggaran yang menyangkut sara, namun facebook belum bisa menganalisa secara lanjut. facebook masih bergantung pada report para users, jika report sudah banyak barulah akun yang menyangkut sara / status yang menyangkut sara tersebut dihapus. jika ada status menyangkut sara namun kurangnya report , maka status tersebut masih akan terus ada
  3. fitur grup yang ada di facebook sangat menjaga ketat isi penggunanya, membuat pihak berwajib terkadang kesulitan untuk melakukan penyelidikan didalam forum forum yang melanggar peraturan sepert narkoba, phising dsb
  4. karna memberikan kebebasan para penggunanya terkadang facebook masih sulit menyaring link link yang bertujuan untuk phissing, lagi-lagi keberadaan user masih sangat dibutuhkan untuk membuat report agar link phissing dihapus
  5. report yang dikirimkan ke facebook butuh waktu yang lama untuk diidentifikasi dan membutuhkan laporan yang banyak untuk memvalidasi laporan laporan tersebut sehingga pelanggaran yang terjadi lebih banyak daripada pelanggaran yang sudah ditindak lanjuti.

Sumber : 
http://crazysquad04.blogspot.co.id/2016/12/web-30.html
www.facebook.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Panjiologi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -