Popular Post

Posted by : Panji Maulana Putra Sunday, October 8, 2017

Hasil gambar untuk virtual reality

Mengenal Virtual Reality

Siapa yang tidak kenal Virtual Reality? hampir seluruh orang zaman sekarang tahu betapa canggihnya digital cinema yang ditampilkan pada virtual reality. Sebenarnya apa sih virtual reality itu sendiri ? Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

Teknologi virtual reality sejatinya telah banyak diterapkan di beberapa sektor industri seperti kedokteran, penerbangan, pendidikan, arsitek, militer, hiburan dan lain sebagainya. Virtual reality sangat membantu dalam mensimulasikan sesuatu yang sulit untuk dihadirkan secara langsung dalam dunia nyata. Seperti halnya untuk bidang militer, alih-alih menerjunkan langsung para tentara ke medan perang sebagai latihan, virtual reality bisa menghadirkan simulasi perang secara virtual. Para tentara bisa merasakan sensasi berada di medan perang secara nyata dengan virtual reality.

Perangkat dan Elemen Virtual Reality

Hasil gambar untuk perangkatvirtual reality

1. Glove adalah peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality.
2. Headset adalah peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. selain itu peranti ini yang memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pengguna, sehingga seolah-olah pemakai berada pada dunia nyata. contoh dari headset dalam untuk virtual reality adalah Rift dari Oculus.
3. Walker merupakan peralatan yang digunakan untuk memantau gerakan kaki. walker digunakan mengatur kaki pemakai agar dapat merasakan seperti jika melangkah dalam dunia nyata. contohnya adalah kaki yang terasa agak berat jika pemakai dalam dunia semu meluwati genangan lumpur.

Adapun 4 elemen itu adalah sebagai berikut:
  1. Virtual world, sebuah konten yang menciptakan dunia virtual dalam bentuk screenplay maupun script 
  2.  Interactivity yang bertugas untuk merespon aksi dari pengguna, sehingga pengguna dapat berinteraksi langsung dalam medan fiktif atau virtual world.
  3. Sensory feedback berfungsi untuk menyampaikan informasi dari virtual world ke indera penggunanya. Elemen ini mencakup visual (penglihatan), audio (pendengaran) dan sentuhan
  4.  Immersion, sebuah sensasi yang membawa pengguna teknologi virtual reality merasakan ada di sebuah lingkungan nyata yang padahal fiktif. Immersion dibagi dalam 3 jenis, yakni: 
  • Mental immersion, membuat mental penggunanya merasa seperti berada di dalam lingkungan nyata
  • Physical immersion, membuat fisik penggunanya merasakan suasana di sekitar lingkungan yang diciptakan oleh virtual reality tersebut
  • Mentally immersed, memberikan sensasi kepada penggunanya untuk larut dalam lingkungan yang dihasilkan virtual reality

 Berikut keseruan menggunakan Virtual Reality


sumber : https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-teknologi-virtual-reality/6653
https://www.youtube.com/user/corycotton

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Panjiologi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -