- Back to Home »
- softskills »
- Unsur - Unsur Game | Teori Game
Posted by : Panji Maulana Putra
Sunday, December 10, 2017
Game, seperti yang kita ketahui adalah sebuah permainan dimana
terdapat sebuah aturan dan adanya menang dan kalah, biasanya game
merupakan hal yang membuat manusia senang. Sama dengan Video Game, video game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Kita semua sudah tahu akan pengertian itu, walaupun tidak dapat
dijelaskan oleh kata-kata, akan tetapi apakah kita tahu tentang
unsur-unsur dalam membuat game itu sendiri? beberapa ada yang tidak
tahu. unsur itu adalah :
- Story Line
- Game Play
- Character
- Graphic
- Typewriter
- Programmer
- Coordinator
Story Line
Story line adalah Jalan cerita dari sebuah game yang sangat berperan
penting dalam pembuatan Video Game. Story Line yang bagus menurut
kebanyakan orang membuat game tersebut akan terkenal dan akan membuat
gamer menjadi ingin lebih tahu tentang cerita itu.
Seperti dalam Game Final Fantasy, game ini memberikan alur cerita
yang sangat bagus dimana membuat orang berfantasy dengan dunia
khayalnya. salah satunya adalah Final Fantasy 7 yang sangat terkenal
diseluruh dunia karena Story Line nya. di Final Fantasy 7 ini kita akan
bermain sebagai Cloud Strife yang bergabung dengan organisasi
anti-Shinra yakni AVALANCHE dimana organisasi ini sedang akan menyerang
salah satu dari reaktor Mako yang mengelilingi kota Midgar.
Singkat Cerita, Saat mereka akan melarikan diri dari markas Shinra, mereka menemukan para pekerja, termasuk Presiden Shinra, dibantai. Cloud melihat luka yang terdapat pada Presiden Shinra dan mengetahui bahwa pembantainya adalah SOLDIER bernama Sephiroth yang diduga hidup kembali. Tidak lama setelah itu akhirnya rencana Sephiroth terbuka, rencananya adalah menggunakan “Meteor” untuk melukai planet ini separah mungkin, sehingga Lifestream yang berada dalamnya akan berkumpul pada luka tersebut untuk menyembuhkan luka itu. Sebelum Lifestream berkumpul Sephiroth berencana untuk masuk pada retakan-retakan luka tersebut, Sephiroth berencana untuk bergabung dengan seluruh energi di planet yang membuatnya mendapatkan kekuatan dewa. Bagaimanakah anggota AVALANCHE akan menghentikan sephiroth?
Singkat Cerita, Saat mereka akan melarikan diri dari markas Shinra, mereka menemukan para pekerja, termasuk Presiden Shinra, dibantai. Cloud melihat luka yang terdapat pada Presiden Shinra dan mengetahui bahwa pembantainya adalah SOLDIER bernama Sephiroth yang diduga hidup kembali. Tidak lama setelah itu akhirnya rencana Sephiroth terbuka, rencananya adalah menggunakan “Meteor” untuk melukai planet ini separah mungkin, sehingga Lifestream yang berada dalamnya akan berkumpul pada luka tersebut untuk menyembuhkan luka itu. Sebelum Lifestream berkumpul Sephiroth berencana untuk masuk pada retakan-retakan luka tersebut, Sephiroth berencana untuk bergabung dengan seluruh energi di planet yang membuatnya mendapatkan kekuatan dewa. Bagaimanakah anggota AVALANCHE akan menghentikan sephiroth?
Gameplay
Gameplay adalah cara sebuah gamer untuk berinteraksi dengan game
tertentu. Gameplay dalam Video Game sangatlah berpengaruh dalam
Pembuatan Game. semakin Game tersebut mudah untuk dimainkan maka semakin
banyak yang menyukainya walaupun kadang kala ada beberapa game yang
dmana Gameplay nya tidak mudah akan tetapi karena penjelasan tutorial
yang mudah dimengerti maka game tersebut juga dapat banyak peminatnya.
contoh dari Gameplay adalah :
Call of Duty Modern Warfare 3, Infinity Ward pada Modern Warfare 3
akan menampilkan Survival mode. Mode baru yang bernama Survival akan
menampilkan dua pemain Bertempur sedangkan Semakin Lama Musuh Semakin
Sulit Dilawan. Tidak seperti video game lain di mana musuh-musuh menetap
di lokasi tetap, musuh di mode ini akan menelurkan sekitar pemain
sehingga mereka bisa mendekati pemain dari lokasi taktis menguntungkan.
Sebagai pemain melawan musuh, mereka akan mendapatkan uang. Lebih banyak
uang diperoleh untuk mencetak headshots, memiliki akurasi tinggi dan
mengambil lebih sedikit kerusakan secara keseluruhan. Untuk saling
membunuh, mereka dapat menggunakan uang mereka untuk membeli
barang-barang seperti senjata baru, upgrade dan amunisi.
Final Fantasy XIII, Seperti dalam Final Fantasy XII, musuh
muncul di lapangan terbuka dan dapat didekati atau dihindari oleh
pemain. Ketika karakter pemain menyentuh musuh, layar berubah dari peta
biasa ke layar pertempuran yang terpisah, maksimal tiga karakter dapat
digunakan dalam pertempuran, yang menggunakan sistem pertarungan tradisi
Final Fantasy; sistem ‘Pertempuran Aktif’ (ATB: Active Time Battle ).
Sistem yang dirancang oleh Hiroyuki Ito dan pertama kali ditampilkan dalam Final Fantasy IV. Di bawah sistem ini, pemain memilih tindakan dari menu, seperti Attack, Magic, dan Item. Tidak seperti seri Final Fantasy sebelumnya, pemain hanya dapat mengontrol salah satu tokoh yang dapat dipilih, sedangkan sisa dua karakter lainnya dikendalikan oleh komputer (AI). Setiap tindakan memerlukan sejumlah tertentu dari slot pada bar ATB, yang terus-menerus diisi ulang ke jumlah maksimum set slot. Bar ATB berangsur-angsur meningkat ukurannya sepanjang permainan, dari dua slot menjadi enam. Pemain dapat memilih kurang dari jumlah maksimum tindakan yang mungkin atau mungkin menghentikan pengisian bar ATB dan tampil sebagai tindakan sebanyak dapat dilakukan dengan dengan jumlah ATB saat ini. Pemain juga dapat memilih perintah autobattle, yang mengisi slot ATB dengan tindakan yang dipilih secara otomatis.
Sistem yang dirancang oleh Hiroyuki Ito dan pertama kali ditampilkan dalam Final Fantasy IV. Di bawah sistem ini, pemain memilih tindakan dari menu, seperti Attack, Magic, dan Item. Tidak seperti seri Final Fantasy sebelumnya, pemain hanya dapat mengontrol salah satu tokoh yang dapat dipilih, sedangkan sisa dua karakter lainnya dikendalikan oleh komputer (AI). Setiap tindakan memerlukan sejumlah tertentu dari slot pada bar ATB, yang terus-menerus diisi ulang ke jumlah maksimum set slot. Bar ATB berangsur-angsur meningkat ukurannya sepanjang permainan, dari dua slot menjadi enam. Pemain dapat memilih kurang dari jumlah maksimum tindakan yang mungkin atau mungkin menghentikan pengisian bar ATB dan tampil sebagai tindakan sebanyak dapat dilakukan dengan dengan jumlah ATB saat ini. Pemain juga dapat memilih perintah autobattle, yang mengisi slot ATB dengan tindakan yang dipilih secara otomatis.
Character
Karakter dalam Video Game merupakan salah satu yang berpengaruh dalam
Pembuatan Game, karena Jika pembuatan Karakter yang bagus dan
imaginatif serta memiliki sifat yang pas dengan Story Line nya maka Game
itu akan terasa lebih hidup dan membuat Gamer menyukai karakter
tersebut. Dalam Pembuatan Karakter yang paling penting adalah Tokoh
Utamanya.
Graphic
Banyak game yang sangat menonjolkan Grafis
yang sangat Detail, ini dikarenakan semakin Grafis dalam game tersebut
bagus maka semakin pula Game tersebut terlihat sangat mengagumkan bagi
para Gamer. Game dengan Grafis yang terbaik biasanya di seimbang kan
dengan tipe game tersebut, misalnya Final Fantasy XIII dengan God of War
III, Grafis dalam Final Fantasy tidak sebagus God of War ini
dikarenakan Gameplay yang sangat berbeda.
Jika dibandingkan maka Final Fantasy mempunyai Gameplay yang jauh lebih rumit dibandingkan GoW dan final fantasy memberikan keleluasaan pada gamer untuk mengeksplorasi tiap-tiap map akan tetapi pada GoW gamer hanya seperti diberikan satu jalan saja, sehingga memungkinkan untuk menambahkan Grafis yang sangat Bagus. dibawah ini adalah contoh Grafis God of War III :
Jika dibandingkan maka Final Fantasy mempunyai Gameplay yang jauh lebih rumit dibandingkan GoW dan final fantasy memberikan keleluasaan pada gamer untuk mengeksplorasi tiap-tiap map akan tetapi pada GoW gamer hanya seperti diberikan satu jalan saja, sehingga memungkinkan untuk menambahkan Grafis yang sangat Bagus. dibawah ini adalah contoh Grafis God of War III :
Typewriter
Dalam proses pembuatan Game, Typewriter yang merupakan penulisan
kata-kata dalam game juga termasuk dalam salah satu peran dalam Game
yang tidak dapat terelakkan. Typewriter ini memberikan kesan rapih dan
lebih interaktif dalam memainkan game, karena dalam tata letak, bentuk
dan animasi tulisan dapat membuat gamer lebih gampang untuk mengetahui
alur cerita dan lebih menyenangkan untuk dilihat.
Programmer
Programmer adalah orang yang membuat program untuk kebutuhan
tertentu. Dalam pembuatan Game, Programmer bertanggung jawab melakukan
pemrograman dan optimalisasi penyandian untuk menciptakan port permainan
dalam skala besar. Programmer sangatlah penting dalam pembuatan Game
karena, dengan ada nya Programmer maka muncullah Video Game dengan
banyak fitur-fitur menarik didalamnya. Tidak hanya itu, dalam pembuatan
Gameplay sebuah Game, disini Programmer sangatlah berguna untuk membuat
koneksi antara User dengan Game yang dimainkan.
Coordinator
Koordinator, dalam industri game adalah
Orang yang mengawasi kerja pembuatan game dan juga yang mencoba game
tersebut sebelum di pasarkan sehingga jika terjadi kesalahan dalam
pembuatan maka koordinator dapat memberitahukan kesalahan yang terjadi
dalam game tersebut dan diharapkan dapat memberikan solusi untuk
permasalahannya.