Popular Post

Posted by : Panji Maulana Putra Sunday, December 24, 2017





Takoyaki (たこ焼き) nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya.

Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai camilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Sewaktu ada matsuri sering dijumpai kios penjual takoyaki sebesar bola tenis (jambotako) yang menjual takoyaki secara satuan.
Takoyaki dimakan dengan menggunakan tusuk gigi, tetapi di Tokyo dimakan dengan menggunakan sumpit sekali pakai. Penjual takoyaki selalu memberikan 2 batang tusuk gigi untuk satu orang, karena takoyaki yang ditusuk dengan sebatang tusuk gigi bisa berputar-putar sewaktu diangkat dan jatuh sebelum masuk ke mulut.


Pada mulanya, takoyaki dijual dengan menggunakan tusukan bambu dengan isi 3 buah per tusuk. Di sekitar tahun 2000 masih bisa dijumpai sebuah kios yang menjual takoyaki dengan tusukan bambu di Prefektur Aichi, tetapi sekarang sudah tutup dengan alasan usia lanjut penjualnya.
Harga takoyaki bisa berbeda-beda bergantung wilayah dan kios yang menjual. Satu set berisi 5-8 buah takoyaki biasa dihargai antara 200 yen hingga 400 yen. Di daerah Kansai, harga bisa menjadi lebih murah akibat persaingan ketat di antara penjual.

Takoyaki merupakan jajanan populer yang dijual kios pasar kaget (yatai) sewaktu hatsumode (kunjungan pertama ke kuil di awal tahun baru) dan berbagai matsuri. Toko makanan ringan tradisional (dagashiya) yang merupakan tempat jajan anak sekolah sering menjual takoyaki dengan harga yang lebih murah.

Bahan rahasia (seperti baking powder) atau asinan jahe berwarna merah (benishōga) sering pula dicampurkan ke dalam adonan. Penjual yang senang berkreasi kadangkala menambahkan keju atau konnyaku ke dalam takoyaki.

Saus yang dipakai biasanya adalah saus okonomiyaki walaupun ada juga saus khusus untuk takoyaki yang rasanya tidak jauh berbeda dengan saus okonomiyaki.
Takoyaki dengan isi yang disukai penduduk setempat (kadang-kadang tanpa gurita) berusaha diperkenalkan di negara-negara yang penduduknya merasa ngeri memakan gurita.

Jenis takoyaki

  • Takoyaki polos
Tidak memakai saus, rasa kecap asin dan kadang-kadang dimakan bersama ponzu atau garam kasar
  • Takoyaki (dengan saus)
Permukaan dioles dengan saus ditambah mayones, aonori dan katsuobushi.
  • Takoyaki kecap asin
Permukaan dioles dengan kecap asin, sering dijumpai di daerah Nagoya dan sekitarnya
  • Akashiyaki (Tamagoyaki)
Penganan dari tepung terigu yang diencerkan dengan banyak telur ayam dan dashi, dihidangkan berjajar di atas piring serupa talenan dan dimakan dengan mencelupkannya kedalam sup berbahan dasar dashi.

Bahan Untuk Membuat Takoyaki Sederhana
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat takoyaki terbilang cukup sederhana dan bisa diperoleh dengan mudah. Berikut ini bahan-bahan yang digunakan dalam membuat takoyaki:
Bahan Utama:
  1. 175 gram tepung terigu
  2. 2 butir kuning telur
  3. ½ sdt baking powder
  4. 350 ml kaldu cair
  5. Garam secukupnya
  6. Air secukupnya
Bahan Isian:
  1. 100 gr cumi rebus, dipotong kecil-kecil berbentuk kotak
  2. 1 batang daun bawang, diiris tipis
  3. ¼ bagian kol, cacah halus
  4. Garam secukupnya
Bahan Pelengkap:
  1. Saus takoyaki
  2. Saus mayonnaise
  3. Daun bawang iris
Cara Membuat Takoyaki
Adapun langkah-langkah untuk membuat takoyaki sederhana dengan citarasa luar biasa yaitu sebagai berikut:
  • Kocok telur  dan masukkan kaldu ayam secara perlahan sedikit demi sedikit. Kemudian kocok lagi sampai benar-benar tercampur rata.
  • Campurkan terigu, garam dan baking powder. Lalu aduk hingga tercampur secara merata. Masukan campuran dari telur serta kaldu ayam dan aduk rata. Setelah itu ukur kekentalan dari adonan, apabila kurang encer maka tambahkan lagi sedikit air.
  • Langkah selanjutnya siapkan isian, campurkan bahan-bahan untuk isian dan aduk rata.
  • Panaskan cetakan dan tuangkan minyak hingga kira-kira sepertiga kedalaman cetakan yang akan digunakan.
  • Mulailah masukan adonan hingga setengah lubang cetakan. Lalu masukan isian dan tutup lagi dengan adonan hingga penuh.
  • Masak adonan takoyaki tersebut sampai bagian bawah matang dan bagian atasnya mengembang. Kemudian balikan adonan untuk proses mematangkan bagian atas.
  • Setelah matang, segera angkat dan siap untuk disajikan dengan tambahan bahan pelengkap.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Takoyaki
https://www.kompasiana.com/asepkurnia/mengenal-takoyaki-dan-cara-membuatnya_5699d733c323bd0c054e0ca1

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Panjiologi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -