Popular Post

Posted by : Panji Maulana Putra Saturday, December 2, 2017




Pengenalan Visual BASIC




1. Pendahuluan

Visual BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat suatu aplikasi dalam Microsoft Windows. Visual BASIC menggunakan metode Graphical User Interface (GUI) dalam pembuatan program aplikasi (project). Istilah visual mengacu pada metode pembuatan tampilan program (Interface) atau objek pemrograman yang biasa dilakukan secara langsung terlihat oleh programmer. Dalam Visual BASIC, pembuatan program aplikasi harus dikerjakan dalam sebuah project. Sebuah Project dapat terdiri dari File Project (.vbp), File Form (.frm), File data binary (.frx), Modul Class (.cls), Modul Standar (.bas), dan file resource tunggal (.res). Bahasa yang digunakan adalah bahasa BASIC yang sangat populer pada era sistem operasi DOS.

2. Memulai Visual BASIC

Untuk memulai pemrograman dengan Visual BASIC, jalankan program Microsoft Visual BASIC 6.0. Selanjutnya pada tampilan awal akan ditampilkan kotak dialog New Project seperti pada gambar 1.1.

 

Gambar 1.1. Tampilan Kotak Dialog New Project




Pada kotak dialog tersebut terdapat 3 buah tab yang terdiri dari:

New (menampilkan daftar pilihan untuk membuat project baru) 
Existing (untuk browsing dan membuka project)

Recent (untuk membuka project yang sering digunakan).


Untuk pembuatan program pertama kali pilih tab New, pilih Standard EXE lalu klik Open. Selanjutnya muncul tampilan utama Visual BASIC 6.0 seperti pada gambar 1.2.
 

Gambar 1.2. Tampilan Utama Visual BASIC 6.0


3.    Komponen – Komponen Visual BASIC


a.    Menu Bar

Menampilkan daftar menu yang berisi daftar perintah-perintah yang dapat digunakan saat bekerja pada Visual BASIC. Terdiri dari menu File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Window dan Help.

 

Gambar 1.3. Menu Bar



b.    Toolbar

Digunakan untuk mengakses perintah-perintah dalam menu yang sering dipakai secara cepat.



Gambar 1.4. Toolbar


c.    Toolbox

Merupakan daftar komponen-komponen yang dapat digunakan untuk mendesain tampilan program aplikasi yang akan dibuat.
















Gambar 1.5. Toolbox


d.    Project Explorer

Menampilkan daftar form dan module yang ada dalam project yang sedang aktif.













Gambar 1.6. Project Explorer

e.    Property Window

Digunakan untuk mengatur properti dari komponen-komponen yang sedang diaktifkan. Property merupakan karakteristik dari sebuah objek.
















Gambar 1.7. Property Window


f.     Form Designer

Merupakan jendela yang digunakan untuk melakukan perancangan tampilan dari aplikasi yang akan dibuat.












Gambar 1.8. Form Designer


g.    Code Window

Merupakan jendela yang digunakan untuk menuliskan kode program.













Gambar 1.9. Code Window



Pada pemrograman Visual BASIC, form digunakan sebagai komponen utama untuk mendesain tampilan program. Secara umum sebuah komponen/objek dalam Visual BASIC memiliki 3 karakteristik utama yaitu:

Properti Event Metode

Properti

Adalah karakteristik yang melekat pada sebuah objek yang menunjukkan ciri /karakteristik suatu objek. Misalnya BackColor menunjukkan warna latar belakang, Font menunjukkan jenis dan ukuran font yang digunakan, dan sebagainya. Pengaturan properti suatu objek dapat diatur dengan 2 cara.

Cara pertama adalah dengan mengatur komponen melalui Property Window. Cara kedua adalah dengan memberi baris program pada Code Window dengan urutan penulisan sebagai berikut:

<Nama_Objek> . <Property> = <Nilai/Value>


Contoh :

Untuk mengatur judul/caption form1 menjadi “Program Pertama” dapat dilakukan dengan memberi kode program:
Form1.Caption=”Program Pertama”


Event

Menunjukkan kejadian yang terjadi pada sebuah objek. Misalnya kejadian ketika command1 diklik (event Command1_Click), kejadian ketika form loading pertama kali (event Form_Load), dan sebagainya.

Contoh :

Private Sub Form_Load()

Form1.Caption = ”Program Pertama” End Sub

Keterangan : Program akan mengubah caption dari form1 menjadi Program Pertama ketika form pertama kali ditampilkan (Form_Load).



Metode (Method)

Adalah prosedur yang dikerjakan pada satu objek. Metode merupakan suatu tindakan di mana objek dapat di bentuk.

Contoh :

Form1.Cls


Keterangan : Perintah ini digunakan untuk membersihkan form.


Program I

Mendesain Form

Setelah tampilan utama Visual BASIC 6.0 muncul pada layar monitor, Ubah properti form1 melalui Property Window, dengan urutan sebagai berikut:
Property
Nilai


(Name)
FrmPertama


Caption
Program Pertama


Height
3000


Width
4000


















Gambar 1.10. Desain Form1


Untuk menjalankan program klik menu Run ->Start atau menekan tombol F5.

Program dapat dihentikan dengan menutup Form menggunakan tombol close () pada pojok kanan atas form atau dengan mengklik tombol Stop pada Toolbar.
 : Run = untuk menjalankan program

 : Break = untuk menghentikan program sementara.

: Stop = untuk menghentikan program.



Menuliskan Program

Untuk menuliskan program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Code Window melalui menu View à Code. Pada jendela kode terdapat dua buah pilihan. Pilihan sebelah kiri digunakan untuk menentukan objek yang akan diberikan event, sedangkan pilihan sebelah kanan digunakan untuk menentukan jenis event yang diberikan kepada objek.

























Gambar 1.11. Menuliskan Program

Listing Program I


Private Sub Form_Load()

frmpertama.BackColor = vbBlue

End Sub


Private Sub Form_Click() frmpertama.Caption = “Form di klik”
End Sub


Jalankan program kembali, dan klik pada form, lihat perubahan yang terjadi pada form.

Simpan project dan form.




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Panjiologi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -