- Back to Home »
- softskills »
- Game Designer (Perancang Game) | Game Development
Posted by : Panji Maulana Putra
Sunday, December 10, 2017
Game Designer adalah orang yang merancang
aturan dari sebuah permainan. Aturan tersebut bisa merupakan karakter
di dalam game dan perannya, deskripsi environment game tersebut berada,
objektif dari game tersebut, mekanik dan flow dari game, hingga
merancang tiap level dari sebuah game. Jadi Game Designer tidak
berurusan dengan proses pembuatan visual dari game ataupun code di dalam
game.
Bagian-bagian pada Game Designer :
- Lead designer adalah orang yang bertanggung jawab atas semua kinerja teamnya. Dia akan memimpin dan juga memastikan komunikasi team berjalan dengan baik serta memiliki wewenang dalam pengambilan keputusan.
- Game mechanic designer adalah orang yang mendesain dan menyeimbangkan mekanika alur cerita pada sebuah game.
- Level designer or environment designer adalah orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan misi game, level game, fitur game dan lingkungan sekitar pada game.
- Writer adalah orang yang menulis dan memahami cerita dari game, dialog, komentar, dan cerita cuplikan game.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain sebuah game yaitu :
- Level Design : mendesain setiap level game termasuk fitur, tingkat kesulitan, dan tema dari setiap level.
- World Design : merancang dunia dalam game. Mulai dari latar tempat, waktu dan tema keseluruhan dari game.
- Game Writing : merancang setiap dialog, komentar dan jalan cerita dari game.
- User Interface Design : mendesain interaksi user dan segala feedbacknya, misalnya saat kita mengetuk pintu, apa yang akan terjadi selanjutnya.
- Content Design : mendesain karakter, barang, perlengkapan, misi, dan lain-lain.
- System Design : merancang game rules dan rumus-rumus yang digunakan secara garis besar. Misalnya pada game Angry Bird, bagaimana game akan terjadi, apakah menggunakan rumus parabola, atau lebih mengutamakan fitur physics, atau bahkan kedua-duanya.
Seorang
Game Designer juga bertanggung jawab terhadap unsur “fun” dari suatu
game dengan aturan-aturan yang ia terapkan pada game yang ia rancang.
Lalu dia juga bertugas untuk mendesain tingkat kesulita dari game yang
dibuat dengan sedemikian rupa sehingga learning curve dari pengguna menjadi sangat cepat, istilahnya game tersebut menjadi easy to learn, hard to master. Bagaimana
caranya agar orang yang baru pertama main bisa belajar dan menguasai
aturan dan mekanik di dalam game tersebut, sedangkan orang yang sudah
menguasai game tersebut tetap merasa tertantang dan fun.
Intinya adalah Game
Design adalah unsur penting dari sebuah game yang tidak boleh kita
lupakan. Game tidak hanya coding dan visual, tapi justru fondasi
utamanya adalah “aturan” dan “objektif” yang membuat game itu menjadi
seru dan menyenangkan. Saya pernah dapet cerita, Angry Bird untuk
mendesain levelnya saja, dia punya beberapa ruang yang diisi oleh tim
untuk mendesain tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Misalkan ada level
1-5 di satu ruangan, level 6-10 di satu ruangan, dan seterusnya. Tim
yang sudah mendesain beberapa level di ruangan satu, akan dipindahkan ke
ruangan dengan level yang lebih sulit agar otaknya yang sudah terbiasa
dengan “rule” di level yang rendah bisa berkembang sehingga tidak akan
mendesain level yang sulit di ruang satu dan skillnya sudah berkembang
sehingga mampu mendesain level yang lebih sulit.
sumber: