Popular Post

Posted by : Panji Maulana Putra Saturday, December 9, 2017

https://spellsnare.files.wordpress.com/2016/07/8635221-background-concept-wordcloud-illustration-of-game-theory-strategy.jpg?w=350&h=200&crop=1

Elemen Game

Menurut R. D. Duke (1980), sebagaimana dalam Wachowicz,et al. Terdapat 11 elemen game yang perlu diperhatikan sebagai dasar dalam membuat game yang baik, yaitu:
1. Format
Mendefinisikan struktur dari game. Sebuah game terdiri dari beberapa level, dan setiap level tersebut memiliki fungsinya masing-masing. 

2. Rules
 Di dalam sebuah game, harus terdapat perjanjian atau peraturan yang tidak dapat dirubah atau dipengaruhi oleh pemain. Oleh alasannya ialah itu, dalam memainkan suatu game, pemain harus patuh dan bermain sesuai aturan yang berlaku.

3. Policy
Policy atau budi dapat didefinisikan sebagai aturan yang bisa dirubah atau dipengaruhi oleh pemain. Dengan adanya elemen ini, maka pemain akan dapat menggunakan dan membuatkan seni administrasi dalam bermain game sesuai kemampuan dirinya. 

4. Scenario
Scenario merupakan alur dongeng yang digunakan sebagai kerangka atau pola dalam bermain game. 

5. Events
event ialah suatu kejadian yang menjadi tantangan sekaligus menambah keceriaan dalam bermain game. Contoh event dalam game diantaranya ialah berupa konflik, dan kompetisi. 

6. Roles
Sebuah gambaran dari fungsi dan aktifitas yang dapat dibagi antar pemain dalam bermain game. Role ini tidak terbatas pada satu pemain saja. Menggunakan dua pemain atau lebih dalam role yang sama, akan menunjukkan keuntungan tersendiri, alasannya ialah mereka bisa saling mencar ilmu dari keberhasilan dan kesalahan masing-masing pemain.

7. Decisions
Decisions merupakan suatu keputusan yang harus diambil oleh si pemain di dalam bermain game Mengambil keputusan yang salah terhadap suatu kejadian alam bermain game, akan dapat menjadi pelajaran yang penting bagi pemain, sehingga kesalahan tersebut tidak akan terulang lagi nantinya. Bagaimanapun juga, jikalau pemain terlalu banyak melaksanakan kesalahan, kemudian tidak dapat bertanding kembali dengan pemain lain, maka ketertarikannya terhadap suatu game akan menjadi mudah hilang. Oleh alasannya ialah itu, “To keep players motivated possibilities to undo ormake up for a mistake are necessary.” Dikutip dari pernyataan Versteegh (2002) padapaper Wachowicz, et al.

8. Levels
Sebuah game perlu memiliki level tingkat kesulitan semoga game tersebut lebih menarik dan menantang, serta dapat digunakan oleh masyarakat luas. Level easy menunjukkan tantangan bagi para pemain pemula (beginner), sedangkan level difficult dikhususkan bagi para pemain yang hebat dan sudah berpengalaman (expert).

9. Score Model
Score model  merupakan instrumen yang digunakan untuk menghitung, mendata, dan menampilkan hasil dari permainan yang dimainkan. Score Model ini menjadi suatu alat yang sangat penting semoga game menjadi lebih menarik.

10. Indicators
 Indicators menunjukkan pemain suatu kode (hints) terhadap raihan atau pencapaian yang telah mereka lakukan. Elemen ini sangat penting untuk menjaga semoga pemain bisa selalu termotivasi dan fokus dalam bermain.

11. Symbols
Simbol ialah Bentuk visual dari simbolisasi element, aktivitas, dan keputusan. Pemilihan simbol yang sempurna akan membantu pemain dalam memahami dan bermain game.

sumber : http://omelto.com/definisi-dan-elemen-game/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Panjiologi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -