Popular Post

Posted by : Panji Maulana Putra Monday, April 30, 2018


Manfaat Cloud Computing

Dengan Cloud Computing kita tidak perlu lagi dikuatirkan dengan adanya kompleksitas Teknologi saat ini. Perusahaan dan organisasi yang dalam usahanya menggunakan Teknologi Informasi tidak perlu takut dengan hal-hal yang dapat mengancam keamanan sistem informasi mereka dan bahkan dalam hal peng-updatetan suatu Teknologi atau aplikasi yang dipakai, karena semuanya itu bisa diserahkan kepada penyedia layanan di Cloud Computing.
Ada beberapa keuntungan yang dapat dilihat dari perkembangan Cloud Computing ini, seperti :
  1. Lebih efisien karena menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya. 
  2. Membuat lebih egility, dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat. 
  3. Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping. 
  4. Membantu dalam menekan biaya operasi biaya modal pada saat kita meningkatkan reliability dan kritikal 

Fungsi Cloud Computing

1. Fleksibilitas

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan menyadari bahwa Cloud Computing sangat penting untuk diterapkan pada lingkungan kerja saat ini. Bahkan dalam survei terbaru yang dilakukan oleh KPMG terhadap 500 eksekutif, ditemukan bahwa 42% dari mereka berpikir bahwa fleksibilitas adalah faktor utama mengapa mereka menggunakan Cloud Computing. Software ini menawarkan fleksibilitas yang lebih besar untuk karyawan Anda dalam praktik kerja mereka. Jika Anda memerlukan akses ke dokumen dan data Anda saat berada di luar lokasi atau di rumah, Anda dapat berinteraksi dengan kantor virtual Anda dengan cepat dan tanpa kesulitan kapan pun Anda memerlukannya melalui perangkat apapun yang tersambung dengan internet.

2. Sebagai Tabungan dan Investasi Biaya

Mungkin ini merupakan salah satu manfaat Cloud Computing yang paling penting. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian inventaris seperti infrastruktur dan hard disk. Anda hanya dikenai biaya rendah untuk kompensasi rutin per bulan atau sekali dibayar, sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati bersama penyedia layanan Cloud Computing. Dengan demikian, biaya royalti pada lisensi perangkat lunak otomatis berkurang, karena semuanya berjalan dengan komputasi Cloud.

3. Sebagai Pemulihan Bencana

Tidak masalah ukurannya, setiap bisnis harus berinvestasi pada sistem pemulihan bencana yang tahan lama, namun untuk usaha kecil yang memiliki sedikit anggaran dan keterampilan yang dibutuhkan, berinvestasi pada sistem pemulihan bencana ini berat untuk dilakukan. Cloud Computing hadir untuk menepis hal tersebut. Menurut sebuah penelitian, perusahaan kecil sebetulnya dapat menerapkan solusi back-up berbasis Cloud dan pemulihan yang menghemat waktu sehingga mereka dapat menjauhkan investasi besar di awal dan menggabungkan keahlian pihak ketiga sebagai bagian dari proses bisnis mereka.

4. Sebagai Interaksi yang Lebih Efektif dan Efisien

Perangkat lunak Cloud Computing memungkinkan karyawan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lebih mudah. Software ini memungkinkan interaksi yang lebih baik antara karyawan, memungkinkan beberapa pengguna untuk berbagi dan mengerjakan data dan file secara bersamaan. Cloud Computing mempermudah pekerjaan para ahli desain dan konstruksi perusahaan yang menginvestasikan sebagian besar waktu kerja mereka di luar negeri atau di berbagai wilayah, dalam mendapatkan informasi, dokumen, dan catatan terkait pekerjaan mereka secara cepat dan aman.

5. Skalabilitas

Fungsi utama lainnya dari Cloud Computing adalah skalabilitasnya. Layanan ini sangat ideal untuk perusahaan dengan permintaan bandwidth yang selalu meningkat atau berfluktuasi. Bisnis Anda dapat meningkatkan atau mengurangi pengoperasiannya dan kebutuhan penyimpanan sumber daya bisnis Anda mungkin memerlukan penyesuaian yang cepat untuk beradaptasi dengan perubahan skalabilitas tersebut. Jika kebutuhan meningkat, maka Anda dapat dengan mudah meningkatkan kapasitas Cloud Anda dengan memanfaatkan layanan server jarak jauh. Begitu pula jika Anda perlu berhemat lagi, Anda dapat kembali mengurangi kapasitasnya.

6. Kemampuan Mengontrol Dokumen

Semakin banyak representatif dan mitra kerja yang menggunakan dokumen yang sama secara bersamaan, maka semakin besar kebutuhan untuk pengendalian dokumen yang aman. Dulu sebelum ada Cloud Computing, karyawan harus mengirim file bolak-balik sebagai lampiran email kepada karyawan lain atau klien pada satu waktu. Jika pola ini dibiarkan, maka ini akan mengakibatkan konten, format, dan judul dokumen jadi berantakan.

7. Meningkatkan Daya Saing

Persaingan industri yang semakin ketat memaksa perusahaan untuk lebih praktis dan lebih cepat dalam menanggapi perubahan di pasar. Solusi Cloud Computing yang fleksibel dan dapat disesuaikan (customizable) dapat memberikan banyak keuntungan yang bermanfaat untuk membantu perusahaan agar lebih bisa bergerak cepat dalam menjalankan bisnis mereka.

Memilih penyedia layanan Cloud Computing yang sesuai dengan bisnis tidak hanya seputar faktor lokasi, memilih salah satu dari sekian banyak penyedia layanan, atau membandingkan sejumlah spesifikasi parameter yang ada di brosur. Keberhasilan penerapan layanan ini akan tergantung pada bagaimana penyedia layanan memberikan layanan yang tepat untuk kebutuhan perusahaan, dengan resiko yang minimal namun tanpa mengorbankan implementasinya. Salah satu layanan Cloud Computing yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan Anda adalah Datacomm Cloud Business.





sumber:
Jamil, Mohamad .dkk . 2016. Buku Ajar Cloud Computing.Yogyakarta:CV BUDI UTAMA.
https://www.hashmicro.com/id/blog/manfaat-utama-cloud-computing/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Panjiologi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -