Popular Post

Posted by : Panji Maulana Putra Saturday, November 18, 2017


KONSEP DASAR BAHASA C
1. SEJARAH DAN STANDAR C
Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richard pada tahun 1967. Bahasa ini memberkan ide kepada ken thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. ( sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).
Kepopuleran bahasa C membuat versi-versi dari bahasa ini banyak dibuat untuk komputer mikro. Untuk membuat versi-versi tersebut standar, ANSI (American National Standards Institute) kemudian menetapkan standar ANSI untuk bahasa C. Standar ANSI ini didasarkan dari standar UNIX yang diperluas. Standar ANSI menetapkan sebanyak 32 buah kata-kata kunci (keyword) standar. Ke 32 kata kunci ini adalah :
2 KEUNTUNGAN/KELEBIHAN MENGGUNAKAN BAHASA C

Beberapa alasan dapat dicatat mengapa bahasa C banyak digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1.  Bahasa C tersedia hampir disemua jenis komputer
  2.  Kode bahasa C sifatnya adalah portabel
  3. Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci
  4. Proses executable program bahasa C lebih cepat
  5.  Dukungan pustaka yang banyak
  6. C adalah bahasa yang terstruktur sehingga mudah untuk dipahami. C mempunyai fungsi-fungsi sebagai program bagiannya.
  7. Selain bahasa tingkat tinggi, C juga dianggap sebagai bahasa tingkat menengah. Bahasa C mampu menggabungkan kemampuan bahasa tingkat tingkat tinggi dengan bahasa tingkat tingkat rendah.
  8. Bahasa C adalah kompiler,  maka akan menghasilkan executable program yang banyak dibutuhkan oleh program-program komersial.
3 STRUKTUR PROGRAM C
Untuk dapat memahami bagaimana suatu program ditulis, maka struktur dari program harus dimengerti terlebih dahulu, atau sebagai pedoman penulis program (programmer) bagaimana seharusnya program tersebut ditulis.

Struktur dari program C dapat diihat sebagai kumpulan dari sebuah atau lebih fungsi-fungsi. Fungsi pertama yang harus ada di di program C yang sudah ditentukan namanya, yaitu fungsi main(). Artinya program C minimal memiliki satu fungsi (fungsi main()). Berikut ini adalah struktur dari program C.
Keterangan :
1. Dimulai dari tanda { hingga tanda } disebut tubuh fungsi / blok.
2. Tanda ( ) digunakan untuk mengapit argumen fungsi, yaitu nilai yang dilewatkan ke fungsi. Pada fungsi main( ) tidak ada argumen yang diberikan, maka tidak ada entri di dalam ( ).
3. Kata void menyatakan bahwa fungsi ini tidak memiliki nilai balik.
4. Tanda { menyatakan awal eksekusi program dan tanda } menyatakan akhir eksekusi program.
5. Didalam tanda { } bisa tergantung sejumlah unit yang disebut pernyataan (statemen). Umumnya pernyataan berupa instruksi untuk :
• memerintah komputer melakukan proses menampilkan string ke layar.
• menghitung operasi matematika.
• membaca data dari keyboard.
• dll.

Berikut ini adalah suatu program C yang sederhana :

4 FILE JUDUL / HEADER FILE
File judul (header file) merupakan file yang berisi dengan prototype (judul, nama dan sintak) dari sekumpulan fungsi-fungsi pustaka tertentu. Jadi file ini hanya berisi dengan prototype dari fungsi-fungsi pustaka, sedangkan fungsi-fungsi pustakanya sendiri disimpan di file pustaka (library file dengan extention file .LIB). 
Misalnya prototype dari fungsi-fungsi pustaka printf() dan scanf() terdapat di file judul stdio.h, sehingga jika fungsi-fungsi ini akan digunakan di program, maka nama file judulnya harus dilibatkan dengan menggunakan preprocessor directive #include. File judul stdio.h berisi prototype fungsi-fungsi pustaka untuk operasi input dan output standar. Ada dua cara untuk melibatkan file judul di suatu program C, yaitu sebagai berikut :
#include <stdio.h> atau #include “stdio.h”

5 NAMA PENGENAL
Nama pengenal (Identifier name) adalah nama-nama yang ditentukan sendiri oleh pembuat program. yang nantinya nama tersebut digunakan dalam pemrograman. Fungsinya untuk menyatakan : Variabel, Tipe Data, Konstanta, Fungsi, Label dan Obyek.
Aturan penamaan pengenal :
1. Karakter pertama harus huruf atau garis bawah.
2. Karakter berikutnya boleh huruf, bilangan, atau garis bawah.
3. Panjang maksimal 32 karakter.
4. Nama pengenal tidak boleh sama dengan kata kunci (reserved word)
5. Pengenal bersifat case sensitif.

Huruf kecil dan huruf besar (kapital) pada suatu pengenal tidak dianggap sama :
Contoh : NAMA, Nama, nama = menyatakan pengenal yang berbeda.
Contoh penamaan :
6. KOMENTAR
Komentar merupakan bagian dari program yang juga penting. Kehadirannya sangat membantu pemrograman ataupun orang lain dalam memahami program, karena berupa penjelasan-penjelasan mengenai program atau bagian-bagian program. Hal ini penjelasannya bisa berupa :
• tujuan / fungsi program
• saat program dibuat atau direvisi
• keterangan-keterangan lain tentang kegunaan sejumlah pernyataan dalam program.

Pada C suatu komentar di awali dengan tanda ( /* ) dan diakhiri dengan tanda ( */ ). Semua string atau tulisan yang terletak sesudah tanda /* hingga akhir baris dengan sendirinya akan diperlukan sebagai keterangan. Bagi kompiler hal ini tidak berguna dan akan di abaikan pada saat kompilasi.
Contoh :


7 STATEMENT
Suatu statemen (statement) adalah pernyataan yang menyebabkan suatu tindakan akan dilakukan oleh komputer. Tindakan tersebut dapat berupa tindakan untuk menghitung, menampilkan hasil, menerima input data, mengendalikan proses program dan lain-lain. Suatu statemen dibahasa C di tulis dengan diakhiri oleh tanda titik koma (;).
Contoh :


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Panjiologi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -